Life is not complex. We are complex. Life is simple, and the simple thing is the right thing.

Life is not complex. We are complex. Life is simple, and the simple thing is the right thing.
WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 18 Februari 2012

“Konversi Dermaga Konvensional menjadi Terminal Multipurpose di Nilam Timur Tanjung Perak Surabaya.”



Kontraktor Proyek adalah ADHI-MODERN Joint Operation, Konsultan Pengawas adalah PT. INDULEXCO, dan Konsultan Perencana adalah LPMM ITS. Sumber dananya adalah dana intern PT. (Persero) Pelindo III tahun anggaran 2007/2008, Dari judul proyeknya terdapat kata ‘konversi’ jadi maksudnya proyek ini tidak dimulai dari nol, sudah terdapat dermaga eksisting yang akan dirombak sesuai kebutuhan fungsi pelabuhan. Lingkup pekerjaannya antara lain: Pembangunan lapangan penumpukan, perbaikan dinding caisson, pembangunan pelebaran dermaga.
 
Proyek ini menitikberatkan pada metode pelaksanaan di lapangan. Metode pelaksanaan dibagi menjadi dua, yaitu pekerjaan di darat dan pekerjaan di laut. Berikut sedikit ulasan mengenai pekerjaan-pekerjaan tersebut, disertai gambar-gambar agar lebih jelas.

1. Pekerjaan Pemancangan Tiang Pancang Pipa (Spun Pile)

Pada perencanaan awal proyek Dermaga Nilam Timur ini, untuk pekerjaan sub structure seluruhnya digunakan tiang pancang baja sebagai penyangga. Namun setelah dikaji ulang dari segi pembiayaan, harga tiang pancang baja ini lebih mahal dua kali lipat bila dibandingkan dengan tiang pancang beton. Sedangkan apabila dilihat dari segi teknis tiang pancang beton lebih tahan korosi bila dibandingkan dengan tiang pancang baja, mengingat lokasi pembangunan proyek ini berada di daerah laut. Akhirnya diputuskan pondasi pada laut menggunakan tiang pancang baja dan pondasi di darat menggunakan tiang pancang beton. Untuk tiang pancang baja yang digunakan di laut tentu saja diberikan perlakuan khusus untuk menghindari korosi, yaitu di coating untuk bagian yang berinteraksi langsung dengan air laut.

Pemancangan tiang pancang baja di laut
Tiang pancang yang ujungnya sudah diberi tulangan dan dicor

2. Metode Beton Precast Dermaga

Dalam pengerjaan pembetonan konstruksi dermaga, di mana pengerjaannya dilakukan di laut dengan tingkat kesulitan yang relatif tinggi, membutuhkan cara yang lebih tepat dan modern, untuk meningkatkan efisiensi kerja yang lebih tinggi tanpa mengurangi mutu yang telah direncanakan.
Maka, pemilihan metode beton precast menjadi salah satu alternatif bagi tujuan di atas. Pada prinsipnya penggunaan metode beton precast ini adalah memindahkan sebagian besar pekerjaan pembetonan yang dilakukan di laut menjadi di darat, atau dengan kata lain merubah sebagian besar pekerjaan pengecoran in situ menjadi pembetonan dengan cara precast.

Precast plank fender
Precast Balok
Pemasangan precast pile cap di laut
Pemasangan precast pile cap di laut
Precast pile cap yang sudah terpasang, akan diberi tulangan dan dicor
Precast balok yang sudah terpasang dan telah diberi tulangan

3. Pemasangan Perlengkapan Dermaga

Bollard
Pemasangan rubber fender
Pemasangan crane

Sekian dulu dari saya. Harapannya semoga bisa bermanfaat.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar